Uangnya dari mana?


Pada suatu hari di sebuah ruang kelas terdapat beberapa siswa yang meminta dispensasi kepada salah seorang guru untuk tidak belajar di hari pertama, sebagai guru yang baik rasanya menolak ajakan siswa nya di hari pertama bukanlah hal yang bagus. Ia pun menyetujui permintaan tersebut. 

Tidak lama berselang, baku tembak pertanyaan pun terjadi, pertanyaan demi pertanyaan di jawab dengan sangat manis sampai menjelang pergantian jam (Smart RM). Di akhir-akhir amanatnya dia menutupi pelajaran dengan sebuah cerita.

Guru: Penyakit yang paling sulit di sembuhkan adalah penyakit hati, penyakit hati yang sering kali terjadi adalah iri, iri merupakan penyakit yang sangat berbahaya.

Murid: kenapa penyakit iri hati itu terlalu berbahaya?

Guru: karena  penyakit iri  bisa menjadi benih untuk penyakit lain, misalnya: serangan jantung dan beberapa di antaranya ada yang sampai meninggal gara-gara tetangganya beli mobil baru.

Murid: Meninggal gara-gara tetangganya beli mobil baru! hhhh emang ada? itu cuma joke pak, di mana-mana orang bakal senang jika tetangganya punya mobil, nanti kan waktu mendadak bisa minta bantu deh.

Guru: Ya sih, tapi hal yang seperti itu tidak akan berlaku bagi semua orang, hanya segelintir orang saja yang punya prinsip demikian. Saya ingat waktu saya beli mobil, kala itu saya beli mobil Honda Jazz. Beberapa hari kemudian setelah saya bawa pulang ke rumah ternyata mulai banyak yang mempertanyakan.

Hay pak RM udah beli mobil! kira-kira uangnya dari mana ya? bahkan beberapa di antara mereka ada yang bertanya sama istri saya, cobalah berpikir secara etis, kenapa di sampai menanyakan pertanyaan yang seperti itu. Kalau boleh jujur saya benar-benar heran bercampur kesal dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, emang mereka pikir saya ini apa? huh, itulah sebuah cerita pengalaman saya yang bisa kita jadikan referensi tentang penyakit iri hati.

Murid: (dari pangku paling belakang, seorang siswa yang sedang asyik bermain hp mengangkat tangan seraya bertanya) Bapak beli mobil baru ya?

Guru: ya!

Murid paling belakang: U-uangnya dari mana?


(Semua orang tertawa kecuali seseorang dan saya yakin anda tahu sendiri siapa orangnya).

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Sederhana Agar Terlihat Cantik di Masa Kini #CantikMasaKini

Pahlawan di negeri yang damai